Komunikasi Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan
DOI:
https://doi.org/10.30596/jmhs.v1i2.24Abstract
Pelayanan Publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi pada aparatur Negara sebagai abdi masyarat, pelayanan publik dimaksud untuk mesejahterakan masyarakat atau warga negara. Pelayanan publik yang profesional, itu artinya pelayanan publik yang bercirikan oleh adanya akuntabilitas dan responsibilitas dari pemberi pelayanan (aparatur pemerintah). Salah satu aspek yang penting dalam pelaksanaan pelayanan publik adalah kemampuan seorang petugas layanan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pengolahan data kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedah suatu fenomenal dilapangan dan menjabarkan temuan dilapangan. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Dari hasil kajian atau analisis data hasil wawancara tentang aspek-aspek tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa Berdasarkan hasil data penelitian yang telah ditemukan dilapangan, dapat disimpulkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan sejauh ini pelayanan dalam pembuatan paspor sudah berjalan dengan baik. Walaupun sudah berjalan dengan baik tetapi adanya tanggapan masyarakat yang tidak peduli terhadap informasi yang diberikan oleh pihak kantor Imigrasi Kelas-I Khusus Medan terkait dengan persyaratan berkas yang harus dipenuhi masyarakat dalam pembuatan paspor.
Kata Kunci: Komunikasi, Pelayanan Publik, Paspor.
References
Ade. 2011. “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Tapanuli Utara”. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Aktiva. 2014. “Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Dalam Mencapa Kualitas Pelayanan Publik Yang Optimal. Universitas Brawijaya. Malang.
Erviana. 2016. “Pelayanan Publik Bidang Perizinan Pada Kantor Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro”. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Irsan. 2012. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Simpur di Bandar Lampung”. Tesis. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Mohamad Adriani. 2015. “Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Oleh Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kebupaten Lombok Tengah. Universitas Medan Area. Medan.
Moleong. Lexy. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Roby Hermawan. 2014. “Pelayanan Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Di Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda. Universitas Mulawarman. Samarinda.
Sendjaja. Sasa Djuarsa. 1993. Pengantar Komunikasi. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sinambela. Lijan Poltak. Dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.
Sri Hartati. 2013. Kinerja Organisasi Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang. Universitas Tanjungpura. Pontianak.