Penerapan Layanan Informasi Dengan Teknik Homeroom Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI SMA Harapan Mekar Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.30596/jippi.v2i1.46Keywords:
layanan informasi, teknik homeroom, kesulitan belajara siswaAbstract
Layanan Informasi adalah layanan yang memungkinan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi seperti; informasi belajar, sosial, pergaulan, karier, pendidikan lanjutan. Penerapan layanan Informasi Dengan Teknik Homeroom Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI SMA Harapan Mekar Tahun Ajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 12 orang yang mempunyai ciri – ciri mengalami kesulitan dalam belajar. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan teknik homeroom mampu mengatasi Kesulitan Belajar siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini terlihat ketika siswa sedang berada dalam kegiatan proses pembelajaran.
Kata Kunci: Layanan Informasi, Teknik Homeroom, Kesulitan Belajar Siswa
References
Damayanti, N. (2012). Buku pintar panduan bimbingan konseling. Yogyakarta: Araska.
Moleong, J. Lexy (2015), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Putri, N. E. (2021). PENTINGNYA BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Berdasarkan Landasan Yuridis Informal Psikologi, Sosial Budaya, Iptek dan Globalisasi).
Atieka, N. (2016). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 2 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 91-99.
Firdaus, M., Mukhtar, M., Darari, M. B., & Azis, Z. (2022, November). The effect of immersive virtual reality-based learning activities on students critical thinking skills. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2659, No. 1). AIP Publishing.
Nasution, M. D., & Nasution, D. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa MTS Hifzhil Qur’an Medan. Education Journal of Indonesia, 1(1).
Raziah, M., & Hasibuan, M. F. (2023). EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSELING SELF UNTUK MENURUNKAN KEBIASAAN SIKAP PROKRASTINASI PADA SISWA DI MTS YPI AL-HASANAH TANJUNG LEIDONG. Jurnal Pema Tarbiyah, 2(2), 61-72.
Sari, I. P., Al-Khowarizmi, A. K., Saragih, M., & Manurung, A. A. (2023). Perancangan Sistem Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Virtual Reality dan Augmented Reality. sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(2), 61-67.
Setyaningsih, Y. (2016). Efektivitas Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA Muhammadiyah Kendiri Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(02), 55-56.
Sitompul, D. N., & Rahmadani, C. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Media Videoscribe Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X AKL SMKS Budi Agung Medan TA 2022/2023. EDUCATION JOURNAL OF INDONESIA, 4(2).
Sugiyo, Suharso. 2016. Penyusunan Program Bimbingan Konseling Di Sekolah. Bahan Pendidikan Dan Pelatihan Guru (PLPG) Guru Pembimbing. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sukatin, Agatha Dianovi, Damayanti Siregar, Indi Mawaddah, Suryaningsih. Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya. Vol. 8 No. 2, 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Malkis Mia Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.