Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Materi Hakikat Ilmu Sains Dan Metode Ilmiah Di SMPN 13 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.30596/jippi.v2i2.34Keywords:
Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Hakikat Ilmu SainsAbstract
Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dari tujuan pendidikan, Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa, dan juga dapat dilihat dari hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa SMPN 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu, penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada angka yang diperoleh dengan metode statistika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 7A & 7B yang berjumlah 54 orang. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran IPA pada materi “Hakikat Ilmu Sains Dan Metode Ilmiah” di SMPN 13 Kota Bengkulu. Dimana hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (3,675>2,671) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001<0,05). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi Hakikat Ilmu Sains Dan Metode Ilmiah di SMPN 13 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : motivasi belajar, hasil belajar
References
Chatarina Novianti, Berty Sadipun, John M Balan.Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. SPEJ (Science and Phsics Education Journal) Volume 3, Nomor 2, Juni 2020.h 60
Ermelinda, Benge (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SD. Journal of Education Technology. Vol.1No.(4) pp. 231-238
Hendra Dani Saputra, Faisal Ismet1, Andrizal.2018Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional danTeknologi. Volume18Number1,2018ISSN: 1411–3411(p)ISSN: 2549–9815.1 (2017), h. 61
Indrati Endang Mulyaningsih.Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 4, Desember 2014.h 445
Irwan Sappe, Ernawati, Irmawanty.2018 Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Volume 3. Nomor 2 Juli 2018
Jannah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1),h 47-58
Juliansyah Noor, Metodelogi Penelitian, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2011), h. 140
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), h. 120
Lasma Situmorang.(2018 Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Memperbaiki Hasil Belajar Siswa Pada IPS kelas IV SD Negeri 060819 Medan.elementary school journal. VOL. 8 NO. 2 JUNI 2018.h 77
Lidia Lomu dan Sri Adi Widodo.Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa..tolis ilmiah jurnal penelitian. Vol 2, No 1 > Waritsman.hlmn 745
Lina Herlina.Rangga Bhakty Iskandar.2020.Modul Pembelajaran SMP Terbuka Ilmu Pengetahuan Alam. Diterbitkan oleh direktorat sekolah menengah pertama.Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Dasar.dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.hal 20-35.
Riduwan, Dasar-dasar Statistika, (Bandung:Alfabeta, 2008), 194.
Riduwan, Dasar-dasar Statistika, (Bandung:Alfabeta, 2008), 186.
Sayu Putri Ningrat, I M. Tegeh, M. Sumantri. Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 2, Number 3, Tahun 2018, pp. 257-265.h 259
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP, Jakarta : Kencana, 20085(2), 93-196
Siti Khodijah, Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Penelitian Pada Anak Yatim di SMP YPMS Kedaung Tangerang Selatan), (Jakarta: Skripsi Fakultas tarbiyah)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta , 2018), h.15
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta, 2018), h. 130
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabet, 2019), hal. 194
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta, 2018), h. 219
Sunarti Rahman.2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascaarjana Universitas Negri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” 25 NOVEMBER 2021 ISBN 978-623-98648-2-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 fatiah ferninda ainara fatiah, Adisel, Wiji Aziz Hari Mukti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.