Penerapan Nilai Pancasila Pada Siswa SD Guna Meningkatkan Sikap Patriotisme Cinta Tanah Air
DOI:
https://doi.org/10.30596/jippi.v1i2.18Keywords:
Nilai-Nilai Pancasila, PatriotismeAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Setelah penulis menelaah sumber dari berbagai jurnal-jurnal yang mengkaji pembahasan ini serta dari sumber lain yang sesuai dengan tata pikir yang logis untuk mengkontruksikan sejumlah konsep, maka penerapan nilai Pancasila dalam meningkatkan sikap patriotism cinta tanah air terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yakni ; 1. Nilai ketuhanan yang maha Esa, 2. Nilai kemanusiaan yang beradab, 3. Nilai persatuan Indonesia, 4. Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 5. Nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila disekolah dasar siswa harus saling toleransi dengan perbedaan agama yang ada di negara Indonesia. Penerapan nilai-nilai Pancasila sangat berguna untuk menumbuhkan sikap patriotism dan cinta tanah air di lingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah. Dengan membangun sikap patriotism dan cinta tanah air dari sejak dini maka akan menciptakan generasi yang memiliki karakter yang baik dan menjadikan siswa yang bermoral baik.
Kata Kunci : Nilai-Nilia Pancasila, Patriotisme
References
Auliadi, A., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai Pancasilla pada Siswa SD Guna Meningkatkan Sikap Patritisme Cinta tanah Air. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 88–94. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3444
Batubara, A., Dahnial, I., & Vitaloka, D. (2018). Analisis Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Self Efficacy Patriotisme Peserta Didik. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 12(2), 1–17. http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/almabsut/article/view/304
Dakwah, D., Media, D., Wibowo, S. A., & Wibowo, A. (n.d.). DIGITALISASI DAKWAH DI MEDIA SOSIAL BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. In Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam (Vol. 02). https://andi.link/hootsuite-we-are-social-
Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.
Furnamasari, Y. F., Fauzie, D. F., & Al-faiq, M. F. (2023). Analisis Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Memupuk Sikap Partiotik Cinta Tanah Air Dan Bela Negara Di Sekolah Dasar. 1(2).
Hasibuan, A., & Sitepu, M. S. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Islami Materi Hak dan Kewajiban terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDS Muhammadiyah 32 Medan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.322
Irwan, I., Akbar, A., Kamarudin, K., Mansur, M., Manan, M., & Ferdin, F. (2021). Penyuluhan Makna Nilai-Nilai Pancasila sebagai Perwujudan Integrasi Bangsa. Jurnal Abdidas, 2(3), 512–520. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.313
Julya Marlita Khaerunisa, S., Anggraeni Dewi, D., & Furi Furnamasari, Y. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar. Action Research Literate, 4(1), 21–23. https://doi.org/10.46799/arl.v4i1.4
Putra, M. I. (2023). Upaya Mempertahankan Sikap Patriotisme dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Generasi Milenial Dalam Revolusi 4.0 Mario. 9(1), 210–215.
Samidi, R., & Kusuma, W. J. (2020). Analisis Kritis Eksistensi Nilai Patriotisme Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), 30–39. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40284
Downloads
Published
Versions
- 2023-06-19 (2)
- 2023-06-19 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.