Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.30596/jippi.v1i2.17Keywords:
Bahan Ajar, Pendekatan KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual dalam pemecahan masalah matematis pada siswa SMP. Pengembangan Bahan Ajar dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Berdasarkan hasil validasi dari angket penilaian Bahan Ajar oleh validator dinyatakan valid.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual.
References
Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2), 200-206.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya
Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003.
Haryati, F., Panggabean, E. M., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Program Linier Berbantuan Software Lindo. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2791-2800.
Haryati, F. (2015). Meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berbasis soft skill. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 9-18.
Muslich,Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69-80.
Pangabean, Ellis Mardiana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar dengan Strategi React pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I di FKIP UMSU
Sugiono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.Bandung.
Yusma, Ira. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Konstektual Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Medan. Medan : FKIP UMSU
Safnidar. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal edumatica. Vol. 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.