Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan

Authors

  • Kamidan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30596/jippi.v1i2.16

Keywords:

Problematika Pembelajaran, Bahasa Arab,

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan. Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh dosen adalah metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Diakhir pembelajaran dosen selalu memberikan motivasi dan mengevaluasi hasil belajar baik harian, tugas, UTS maupun UAS,2). Problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan adalah sebagai berikut: Mahasiswa terlalu sedikit menghafal mufradat/kosa kata bahasa Arab, tidak menguasai ilmu alat seperti ilmu nahwu dan sharaf, serta tidak ada keberanian mahasiswa untuk berbicara dengan bahasa Arab.3).Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut dilakukan oleh beberapa pihak seperti mahasiswa dan dosen. Upaya yang diakukan mahasiswa adalah selalu bertanya kepada dosen ataupun kawan tentang apa yang tidak dimengerti, memperbanyak menghafal mufradat bahasa Arab serta mempraktekkan kosa kata yang telah dihafal, mengikuti kegiatan belajar seperti ekstra kurikuler. Upaya yang dilakukan oleh dosen yaitu: membuat suasana kelas yang menyenangkan, mewajibkan mahasiswa untuk memiliki kamus bahasa Arab, terus memberi memotivasi kepada mahasiswa, menumbuhkan perasaan cinta terhadap pembelajaran bahasa Arab, dosen selalu menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab, dosen membiasakan menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga mahasiswa terbiasa menggunakan bahasa Arab, dosen mewajibkan mahasiswa menghafal kosa kata bahasa Arab dikelas maupun diluar kelas.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Problematika

References

Amiroh, H., & Ginting, N. (2023). Implementasi Nilai Karakter dan Budaya di Lingkungan Ma’had An-Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh. Journal on Teacher Education, 4(3), 330-338.

AN, A. J., & Fanreza, R. (2023). Penerapan Muqhata’ah dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an pada Siswa Kelas VIII di Ma’had An-Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh Cambodia. Journal on Teacher Education, 4(3), 310-318.

Effendy, Ahmad Fuad Metodologi pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat, 2005).

Emzir, “Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah dan Sekolah Umum”, Makalah, disampaikan dalam Pertemuan Ilmiah Nasional Bahasa Arab (PINBA) V di Bandung pada tanggal 23-25 Agustus (2007).

Numan, M. S., & Ginting, N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Minimnya Baca dan Tulis Al-Qur’an

pada Anak-anak di Tadika Al-Hidayah. Journal on Teacher Education, 4(3), 357-366.

Pasaribu, M. (2022). Faktor Penyebab Banyaknya siswa/i Yang Kurang Lancar Membaca Al Qur'an Dan Kurangnya Semangat Dalam Mempelajari Ilmu Agama Di SMP Swasta Al-Ikhlas. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(01), 57-60.

Puspita, I., & Pasaribu, M. (2022). IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SMP IT NURUL AZMI MEDAN. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(01), 52-56.

Putri, S. A. A., & Pasaribu, M. (2023). Cara Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al Qur’an Melalui Metode Baghdadiyah Di Kelas Viii-1 SMP Al Washliyah 30 Medan. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 46-52.

Rijaluddin, R., & Nasution, M. (2022). Implementasi Metode Iqro Dalam Memperbaiki Kemampuan Bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Persatuan Amal Bakti 15 Kota Medan. Edumaniora, 1(02), 113-120.

Riska, Frinka Azira. Skripsi problematika Metode Imla‟ dalam Pembelajaran Maharah Al-kitabah di MI Pendanarum, ( Pekalongan: 2018).

Sugiyono, Memahami Penelitian Manajemen, (Cet. V; Bandung: CV Al-FABETA)

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Kamidan. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Islam [JIPPI], 1(2). https://doi.org/10.30596/jippi.v1i2.16

Issue

Section

Articles