Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mts Muhammadiyah Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.30596/jippi.v1i2.15Keywords:
Upaya Guru PAI, Kesulitan Membaca Al-Qur'anAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, dan apa upaya guru pendidikan Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an melalui Metode Baca Lansung. sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, To mengetahui Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an. Ini Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di MTs Muhammadiyah 15 Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII dan VIII berjumlah 58 siswa yang dianalisis sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah dilakukan dengan observasi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an di sesuai dengan huruf makhrojul, tajwid dan panjang pendek 75% Lancar. Ketika faktor-faktor yang menghambat siswa dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, alokasi waktu pelajaran yang lebih sedikit, dan siswa lingkungan.
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kesulitan Membaca Al-Qur'an.
References
Gunawan, Arief, Rahasia Sukses Mengajar Buku Iqra’ yang Mudah dan Menyenangkan (Jakarta: Yayasan Wakaf Madani, 2008)
M.Athiyah Al-Abrsbasy, Dasar-Dsar Pokok Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1987) M.Ulinnuha Arwani, Thariqah Baca Tulis Dan Menghafal Al-qur’an “Yanbu’a” jilid I (Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an, 2004)
Moh, Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010)
Murtijo, Imam Pedoman Metode praktis Pengajaran Ilmu Al-qur’an Qira’ati (Semarang: Raudhatul Mujawwidin, 2000) Kementrian Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung:PT Cordoba, 2012)
Pasaribu, M. (2022). Faktor Penyebab Banyaknya siswa/i Yang Kurang Lancar Membaca Al Qur'an Dan Kurangya Semangat Dalam Mempelajari Ilmu Agama Di SMP Swasta Al-Ikhlas. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(01), 57-60.
Puspita, I., & Pasaribu, M. (2022). IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SMP IT NURUL AZMI MEDAN. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(01), 52-56.
Putri, S. A. A., & Pasaribu, M. (2023). Cara Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al Qur’an Melalui Metode Baghdadiyah Di Kelas Viii-1 SMP Al Washliyah 30 Medan. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 46-52.
Rijaluddin, R., & Nasution, M. (2022). Implementasi Metode Iqro Dalam Memperbaiki Kemampuan Bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Persatuan Amal Bakti 15 Kota Medan. Edumaniora, 1(02), 113-120.
Roihan, Nasition, Muhammad. Al-Hira’ dapat Membaca Al-Qur’an. (Yayasan, Al-Hira’ Permata)Sadirman A.M, Interaksi dan Motivasi dalam Mendidik (Bandung:Renika Cipta, 2007).
Sayyid, Muhammad, Keistimewaan Keistimewaan Al-Qur’an,(Jakarta:PT Bumi Aksara,2008)
Yunus, Muhammad,Belajar Membaca Al-Qur’an (Jakarta: PT Renika Cipta 2007) Nu Uhbiyati & Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan Islam I, (Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2006).
Zuliana, Z., Niswa, K., Rahman, A., & Aktar, S. (2022). Kegiatan Pelatihan Tahsin Tilawah Al-Quran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Bagi Anggota Aisyiyah Pasar 4 Bandar Khalipah. Indonesia Berdaya, 3(3), 637-642.
Zuraini Dkk, Metodik Khusus Pendidik Agama Islam (Surabaya: Usaha Offset, 1983)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.