Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cergam Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.30596/jippi.v1i2.14Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash Pro 8.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis cergam menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi Trigonometri. Subjek penelitian ini adalah tiga ahli yang terdidi dari dua ahli yaitu satu guru matematika, satu dosen matematika dan satu ahli media yaitu dosen matematika. Sedangkan objeknya adalah media pembelajaran berbasis cergam menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi trigonometri. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket media pembelajaran. Terdiri dari angket ahli materi dan ahli media. Berdasarkan analisis data nilai rata-rata diperoleh ahli materi 4,2 dan ahli media 4,3. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika memenuhi syarat kevalidan dari media pembelajaran dengan nilai rata-rata keseluruhannya sebesar 4,25 termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash Pro 8.
References
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternatif Solutions Worksheet untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Aksioma, 226.
Aspia, A. (2013). Multimedia Pendidikan Autograph dan Macromedia Flash.
Asrar.(2015:29). Manfaat Media Pembelajaran.Medan : Perdana Publishing.
Asrar.(2013:31). Karakteristik Media Pembelajaran. Medan: Penerbit Perdana Publishing.
Asrar.(2013:42).Media.Medan : Penerbit Perdana Publishing.
Asrul dkk.(2013:18). Media Pembelajaran.Medan : Perdana Publishing.
Irvan, & Lubis, H. (2011). Program Bantu Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus Menggunakan Multimedia. 89-97.
Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 396-401.
Manurung, A. A. (2012). Media Pembelajaran “Berbasis Tergologi Informatika”.
Priyanto. D.(2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer.Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol.14, No.1: 92-110.
Purwanti. Budi.(2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Vol.3, No.1: 42-47
Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.2, No.2
Samura. A.O.(2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.4, No.1:69-79.
Sugiyono (2017), Metode Penelitian kualitatif kuantitatif R dan D, Bandung, Alfabeta.
Tafonao. T.(2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, P-ISSN 2549-1725.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.