Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dinda Ikhwani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30596/jippi.v1i2.13

Keywords:

Pengembangan, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Bangsa.

Abstract

Indonesia memiliki beragam persoalan, namun karakter generasi muda masih jauh dari keyakinan Pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai kajian yang mengembangkan tiga kompetensi yaitu pengetahuan kewarganegaraan, karakter kewarganegaraan, dan keterampilan kewarganegaraan merupakan solusi dari permasalahan karakter generasi muda Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evolusi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan Karakter Bangsa, serta fungsi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui penggunaan perangkat penelitian kepustakaan. Analisis data isi merupakan pendekatan pengumpulan data yang meliputi dokumentasi dan analisis data. Sejak berdirinya negara Indonesia, pendidikan kewarganegaraan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, dengan modifikasi mata pelajaran yang disajikan dan terminologi yang digunakan untuk mengajar anak didik khususnya sekolah dasar. Pendidikan Kewarganegaraan dapat disampaikan pada semua jalur pendidikan, mulai dari jalur informal, formal hingga nonformal, karena pendidikan kewarganegaraan merupakan ujung tombak penguatan sila-sila pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan demokrasi, dengan tujuan membangun warga negara yang berwatak demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Melalui pendidikan kewarganegaraan diharapkan siswa mampu memahami dan menerapkan cita-cita Pancasila sehingga menjadi warga negara yang baik.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Bangsa.

References

Astuti, S. I. (2010). Pendektakan Holistik dan Kontekstual dalam Mengatasi Krisis Karakter di Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41.

Bakry, N. M. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyono, G. (2015). Opini : Pemuda Agen Perdamaian. Yogyakarta: https://joglosemar.com/2015/04/opini-pemuda-agen-perdamaian,html.

Cholisin. (2013). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Ombak.

Chotimah, U. (2011). Active Learning Based Civics Learning Model: Some Alternatives. International Seminar-Educational In Curriculum For Active Learning Bertween Indonesia And Malaysia. (p. 1). Bandung: UPI Bandung.

Khalidjernih, F. K. (2010). Kamus Studi Kewarganegaraan : Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara Press.

Kusuma, I., & Susantim, M. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan kurikulum ppkn pada kondisi khusus pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682-5691.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. (2007). Perspektif Pemikiran Pilar tentnag Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Bangsa. Bandung: SPS UPI.

Sari, M., & Asmedri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 41-53.

Soekarno. (1984). Pancasila Sebagai Dasar Negara : Kumpulan Kursus tentang Pancasila di Istana Negara, Tanggal 26 Mei, 5 juni, 16 Juni, 22 Juli, dan 3 September 1959, dan Pidato Lahirnya Pancasila, 1 Juni 1945. Jakarta: Inti Idayu Press-Yayasan Pendidikan Soekarno.

Sunardi. (1997). Teori Ketahanan Nasional. Jakarta: Hastannas.

Syarbaini, S. (2006). Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Taufika, R., & Rahayu, D. A. (2018, September). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. In Seminar Nasional PKn UNNES (Vol. 2, No. 1, pp. 165-176).

Tilaar, H. (1991). Tinjauan Pedagosis Mengenai Pemuda : Suatu Pendekatan Ekosentris. Jakarta: LP3ES.

Ubedillah, Rozak, A., Hanas, A. S., & Darmaji, A. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) : Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.

Widiatmaka, P. (2022). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di dalam Membangun Karakter Bangsa Peserta Didik. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1-10.

Winarno, & Wijianto. (2010). Ilmu Kewarganegaraan dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan (IKn-PKn). Surakarta: UNS Press.

Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan Untuk Mencerdasakan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press.

Wuryan, S., & Sayifullah. (2008). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Wuryandari, W., & Fathurrohman. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ombak.

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Ikhwani, D. . (2023). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Islam [JIPPI], 1(2). https://doi.org/10.30596/jippi.v1i2.13

Issue

Section

Articles